anak XIIA

anak XIIA
Tugu muda

Jumat, 19 Maret 2010

pengetahuan umum tentang farmasi

Sekolah Farmasi pertama kali berdiri tahun 1797 di Perancis. Buku-buku farmasi pertama kali di terbitkan dalam beberapa bentuk antara lain: majalah, Koran, mbuku pelajaran, farmakope, maupun komentar. Di Amerika Sekolah Farmasi berdiri pada tahun 1821 di Philadelphia. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan membuat Ilmu Kefarmasianpun ikut berkembang. Hingga terpecah menjadi ilmu yang lebih khusus, tetapi saling berkaitan, misalnya: Farmakologi, Farmakognosi, Gelanika dan Kimia Farmasi.

Perkembangan farmasi di Indonesia sudah dimulai semenjak zaman Belanda, sehingga buku pedoman maupun UU pada waktu itu berkiblat pada Negeri Belanda. Setelah kemerdekaan buku pedoman maupun UU yang dirasa masih cocok untuk dipertahankan maka di pertahankan, sedangkan yang sudah tidak cocok maka dihilangkan.

Pekerjaan kefarmasiaan terutama pekerjaan meracik obat-obatan dikerjakan di apotek yang dilakukan oleh Asisten Apoteker dibawah pengawasan Apoteker. Bentuk apotek yang pernah ada di Indonesia ada 3 macam antara lain: Apotek Biasa, Apotek Darurat dan Apotek Dokter.

Kegiatan yang dilakukan di Apotek mulai dari menyiapkan bahan obat hingga penyerahan obat, pedoman yang digunakan pada buku resmi farmasi yang dikeluarkan oleh “Departemen Kesehatan” antara lain Farmakope.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar