anak XIIA

anak XIIA
Tugu muda

Jumat, 19 Maret 2010

dasar-dasar kefarmasian

Obat adalah semua zat baik kimiawi, hewani maupun nabati yang dalam dosis layak dapat menyembuhkan, meringankan atau mencegah penyakit serta gejala-gejalanya. Obat yang digunakan pada masa lampau adalah obat yang berasal dari tanaman. Dangan cara mencoba-coba, secara empiris manusia purba mendapatkan pengalaman dengan berbagai macam daun atau akar tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit. Pengetahuan ini secara turun menurun disimpan dan dikembangkan, sehingga muncul ilmu pengobatan rakyat sebagai mana pengobatan jamu di Indonesia.

Ilmu khasiat obat ini mencakup beberapa bagian yaitu:
1.Farmakognosi : Ilmu yang mempelajari pengetahuan dan pengenalan obat yang berasal dari tanaman dan zat aktifnya baik yang berasal dari mineral maupun hewani.
2.Farmakologi atau ilmu khasia obat adalah Ilmu yang mempelajari pengetahuan obat dengan seluruh aspeknya, baik kimiawi maupun fisikanya, kegiatan fisiologi, resorpsi dan nasibnya dalam organisme hidup.
3.Farmakologi Klinisadalah kefarmasian yang menyelidiki tantang semua interaksi antara obat dan tubuh manusia khususnya, serta penggunaannya pada pengobatan penyakit.
4.Biofarmasi yaitu pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya.
5.Farmakokinetika ialah penelitian tentang perjalanan obat mulai dari pemberiannya, bagaimanaabsorbsi dari usus, transpor dalam darah dan didistribusinya ke tempat kerjanya dan jaringan lain.
6.Farmakodinamika adalah Mempelajari kegiatan obat terhadap organisme hidup terutama car dan mekanisme kerjanya, reaksi fisiologi, serta efek terapi yang ditimbulkannya.
7.Toksikologi ialah pengetahuan tentang efek racun dari obat terhadap tubuh.
8.Farmakoterapi yaitu penggunaan obat untuk mengobati penyakit atau gejala”nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar